Gue sempet beradu argumen dengan temen gue, Joshua namanya, dia anak paling pinter di industrial engineering angkatan gue, ntah kenapa dia suka melontarkan pernyataan maupun pertanyaan aneh yang gak pernah kepikiran sama gue, di IE kita suka debat, mungkin bukan debat, bertukar ide pikiran lebih tepatnya, yang paling suka untuk bertukar pikiran biasanya itu joshua, ben sama gue. Kalo kita melontarkan sebuah pertanyaan, itu bisa apa aja untuk diperdebatkan, mulai dari yang paling kecil sampe yang besar, mulai dari yang masuk akal sampe yang gak masuk akal.

 

Suatu saat ketika gue dapet nilai final exam jelek, gue suka mengeluh. Kenapa gue waktu quiz biasa kurang persiapan? Karena pada dasarnya buat gue yang paling utama adalah hasil akhir which is happy ending. Ketika gue melontarkan pernyataan begitu, gue disanggah sama Joshua ( dia yg paling sering adu kelancaran jalan pikiran sm gue #halah ) hasil itu gak penting, yang paling penting adalah happy journey dimana itu adalah ketika kita menikmati perjalanan yang kita lalui itu, tapi dalam opini gue, kalo hasil akhirnya jelek, semua yang udah dijalanin pun akan sia-sia. Gue baru kepikiran akhir-akhir ini emang mungkin yang paling bener adalah bagaimana cara kita menyikapi setiap langkah yang ada dalam hidup ini, yang paling utama adalah ketika kita menikmati dan membuat langkah kita itu terasa menyenangkan tanpa memikirkan hasil akhirnya.

 

Gue pun sempet meragukan kalo pada tiap film itu happy ending, biasanya happy ending cuma ngasih liat si aktor dan aktrisnya ini nikah ato pacaran ato apalah itu, tapi apakah kita sadar kalo kehidupan itu ga cuma sebatas itu? masih banyak yang harus dilalui setelah jenjang pernikahan ataupun pacaran itu, dan gak semuanya itu akan lancar. Maka happy ending di setiap film itu biasanya adalah bohong, hidup ini pasti ada naik turunnya, kita cuma bisa bilang ini happy ato engga, tergantung sama pelakunya, apakah dia selama ini menikmati semua langkah yang dia ambil atau tidak?

 

Menurut gue, menikmati tiap langkah kehidupan itu sangat menyenangkan. Kita cuma dikasih 1 nyawa, nikmati aja semuanya. Jangan terlalu banyak ngeluh, jalanin aja semuanya dengan baik. Karena semua pasti akan indah pada waktuNya.

 

Cheers.

Advertisements