Bagi para mahasiswa tingkat akhir, baik yang sudah menyelesaikan tugas akhirnya maupun belum, pasti sedikit banyaknya sudah mulai memikirkan tentang bagaimana akan memulai karir pekerjaannya. Tidak sedikit mereka yang bertanya mengenai jenjang karir yang akan mereka tempuh. Saya sudah mempelajari beberapa hal mengenai pekerjaan, apakah yang harus kita ambil? Pekerjaan yang kita senangikah? Pekerjaan yang membuat kita dipandang oleh orang-orang disekitar kita? Ataukah pekerjaan dengan penghasilan besar?

Setelah saya analisa beberapa waktu lalu, saya melihat 3 faktor penting yang tumbuh disekitar para mahasiswa tersebut, tepatnya mengenai: Passion, Pride and Money. Secara garis besar, 3 faktor penting inilah yang sangat mempengaruhi kita dalam bekerja. Jika saat ini 3 faktor tersebut sudah kita miliki, maka anda termasuk salah satu orang yang beruntung.

Passion, biasanya disebutkan atas dasar ketertarikan kita terhadap suatu bidang pekerjaan. Passion ini merupakan hal dasar yang sangat diperlukan bagi sang pekerja maupun perusahaan tempatnya bekerja. Karena passion ini sangat sulit untuk diarahkan secara manual, meskipun bisa kita arahkan secara manual tetap saja tidak akan bisa menikmati pekerjaan kita secara sempurna. Passion sangat erat hubungannya dengan menikmati pekerjaan yang kita lakukan, karena dengan adanya dorongan secara natural maka kita akan memperjuangkan sesuatunya dengan baik.

Pride, biasanya faktor ini dibentuk dari lingkungan sekitar. Banyak orang ingin merasa dipandang tinggi oleh sesamanya, meskipun mereka tidak mengingini pekerjaan tersebut. Faktor ini biasanya mempengaruhi gaya hidup seseorang, dan sebagian besar orang yang mementingkan hal ini akan memiliki gaya hidup yang mewah, karena pada dasarnya mereka ingin dipandang tinggi oleh teman atau rekannya. Hampir semua orang ingin dipandang tinggi, sebagai contohnya jika seorang mahasiswa sudah mendapatkan pekerjaan tetap terlebih dahulu dibandingkan rekan-rekannya meskipun passion dia di bidang ini kurang, namun biasanya orang-orang yang mementingkan faktor ini juga akan sangat menggantungkan dirinya pada faktor yang terakhir.

Money, faktor utama bagi para pencari pekerjaan, sebagian besar orang menganggap ini adalah faktor paling vital dalam pekerjaan, karena mereka akan berkelit “Apa gunanya bekerja tanpa memiliki penghasilan lebih dari cukup?” Banyak orang yang mencari pekerjaan berdasarkan pendapatan yang akan ia terima per bulannya meskipun itu sangat berlawanan dengan passion yang ia miliki, sebagian besar dari mereka akan mencoba menyesuaikan diri dengan bidang pekerjaannya tersebut karena faktor penghasilan besar tersebut.

Pada akhirnya sebagian besar orang pasti akan terpenuhi salah satu faktor utamanya tersebut, dan sangatlah beruntung apabila kalian memiliki ketiganya tersebut. Dan sebagian besar orang juga akan bertanya-tanya mengenai passion apa yang mereka miliki maupun faktor apakah yang paling penting bagi mereka?

Faktor apakah yang paling menentukan semuanya menurut anda?

 

 

Cheers.

Advertisements